Gorontalo, (Antaranews Gorontalo) - Bupati Bone Bolango Hamim Pou menilai tenaga penyuluh pertanian memiliki peran strategis dalam menunjang sektor pertanian, sehingga harus diberdayakan.

"Kabupaten Bone Bolango memiliki lahan pertanian yang luas, sehingga dukungan penyuluh pertanian sangat penting, terutama membantu para petani di daerah," kata Bupati belum lama ini.

Untuk meningkatkan kapasitas penyuluh pertanian di daerah itu, pihaknya ingin ada magang terlebih dahulu di instansi atau perusahaan yang bergerak di sektor pertanian terpadu.

"Selesai magang, maka merekalah yang nantinya akan menjadi fasilitator untuk penyuluh dan wilayah-wilayah lainnya," ujarnya.

Apalagi daerah itu sementara menyukseskan program kawasan hutan pertanian terpadu, terutama untuk menggerakkan perekonomian para petani.

Keberadaan penyuluh sangat strategis dengan fungsi memberdayakan para petani agar tidak selamanya tergantung pada program pemerintah untuk meningkatkan kualitas hasil panen.

"Kalau para petani selamanya berharap pada program pemerintah, takutnya jadi manja dan tidak bisa mandiri," ucapnya.

Maka peran penyuluh adalah untuk membentuk pemikiran para petani serta mengajak mereka untuk selalu mandiri dengan apa yang sudah disediakan sumber daya alam di Bone Bolango.

"Karena kekuatan pangan yang ada di suatu daerah tergantung dari kemandirian dan kreatifitas para petani dalam mengelolah lahannya dengan baik," katanya.

Ia berharap ke depan agar jumlah para penyuluh bisa bertambah. Semua itu untuk kepentingan para petani di Kabupaten Bone Bolango yang lebih baik lagi. (adv/humas)

Pewarta: -

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2018