Gorontalo,  (Antaranews Gorontalo) - Karang Taruna (KT) Kabupaten Gorontalo berkomitmen untuk membantu pemerintah kabupaten (Pemkab) setempat dalam menekan angka kemiskinan di daerah tersebut.

Ketua Karang Taruna, Sofyan Ishak, Kamis, mengatakan sebagai organisasi kepemudaan yang bergerak dalam bidang sosial kemasyarakatan, tentu harus mampu seiring dan sejalan dengan pemerintah.

"Eksistensi kita sebagai warga karang taruna tentu dituntut agar bisa melaksanakan tugas dan tanggung jawab sebagai bagian dari pekerja sosial," ucap dia.

Ia menjelaskan bahwa sebagai pekerja sosial, mereka dibentuk guna mengurai berbagai persoalan kesenjangan sosial yang ada ditengah masyarakat.

Sofyan pun mengimbau kepada seluruh pengurus dan warga karang taruna untuk menunjukan itikad baik serta tanggung jawab yang besar atas amanah dari pemerintah kepada mereka.

"Tunjukkan jiwa patriot kita sebagai warga karang taruna sebagai jati diri dari Marwah karang taruna, `Adhitya Karya Mahatva Yodha`, kepercayaan ini harus kita jawab dengan hasil karya kita ditingkat desa," kata dia, lagi.

Menurut Sofyan, kepercayaan tersebut diaplikasikan dengan memanfaatkan dana yang telah diberikan oleh pemerintah desa demi mendorong pertumbuhan ekonomi dan pemberdayaan pemuda yang ada di seluruh desa di Kabupaten Gorontalo.

Tidak hanya itu, Sofyan menekankan karang taruna juga harus mampu melaksanakan tugas pemberdayaan dalam upaya mendorong peningkatan usaha ekonomi produktif.

"Alhamdulillah untuk tahun anggaran 2018, seluruh desa di Kabupaten Gorontalo telah mengalokasikan anggaran untuk karang taruna khususnya untuk kegiatan ekonomi produktif," kata dia.

Pihaknya pun berterima kasih kepada Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo yang telah memberi perhatian yang cukup baik bagi karang taruna ditiap jenjang.
 

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2018