Gorontalo, (Antaranews Gorontalo) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bone Bolango optimalkan program Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR), untuk memperkuat fungsi pelayanan publik.

Sekretaris Daerah (Sekda) Bone Bolango Ishak Ntoma mengatakan penanganan pengaduan yang efektif dan memberikan penyelesaian bagi masyarakat, bisa berkontribusi secara langsung terhadap perbaikan tata kelola pemerintahan yang baik, dan memperkuat fungsi pelayanan publik.

"Aplikasi LAPOR ini menjadi salah satu karya utama untuk kita perhatikan dan kita terapkan di pemerintahan daerah," ujar Ishak pada Rakor rapat koordinasi Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR), yang diselenggarakan Bagian Humas dan Protokoler Pemkab Bone Bolango belum lama ini.

Menurutnya, pengelolaan dan pengawasan pelayanan publik melalui pengaduan masyarakat akan terintegrasi dengan seluruh sistem yang ada.

"Ini nantinya dapat mencegah terjadinya tindak pidana korupsi dan mengurangi potensi konflik, sehingga membantu terciptanya rasa aman di tengah-tengah masyarakat," tambahnya.

Selain itu, pengelolaan pengaduan masyarakat yang terintegrasi dengan seluruh sistem dapat mencegah terjadinya korupsi dan meningkatkan partisipasi masyarakat untuk pengawasan program dan kinerja pemerintah dalam penyelenggaraan pembangunan dan pelayanan publik.

saat ini masing-masing organisasi penyelenggara khususnya Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dalam mengelola pengaduan masih secara parsial. Artinya masih sendiri-sendiri, sehingga daerah itu masih mendapatkan "rapor merah" dari lembaga Ombudsman. (adv/humas)

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2018