Gorontalo,  (Antaranews Gorontalo) - Pemerintah Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo siap meningkatkan fasilitas pendukung Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK).

Wakil Bupati Bone Bolango, Kilat Wartabone, Selasa, mengatakan kekurangan fasilitas yang terjadi saat ini perlu untuk diperhatikan.

"Kini ujian telah menggunakan komputer atau UNBK, tentunya fasilitas penunjang perlu diperhatikan, terutama ketersediaan perangkat komputer," ujar Kilat.

Ia mengungkapkan UNBK dilaksanakan setiap tahun, maka harus diupayakan bagaimana anggaran kedepan harus fokus dulu untuk pengadaan komputer di sekolah-sekolah pelaksana UNBK.

"Karena keterbatasan perangkat komputer saat ini, sehingga UNBK-nya dibagi menjadi beberapa sesi. Ada peserta yang ikut pagi, ada yang siang, dan ada yang sore," jelasnya.

Menurut Kilat, jika ujian dilakukan serentak, maka tentu para peserta ujian merasa lebih senang karena mereka bisa menjalani ujian secara bersama-sama.

Wabup berharap para peserta UNBK tingkat SMP dapat lulus 100 persen dan bisa melanjutkan ke jenjang Sekolah Menengah Atas (SMA).

"Jangan berhenti bersekolah dengan lulusan atau ijazah SMP. Karena itu, peran para orang tua harus memotivasi dan mendorong mereka untuk melanjutkan sekolahnya ke jenjang SMA," pungkas Kilat Wartabone.
 

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2018