Gorontalo, (Antaranews Gorontalo) - Koramil 13/Sumalata dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo, bergotong-royong membantu warga Dusun Lomuli Desa Hutokalo, membersihkan rumah dari material longsor yang melanda wilayah itu pada Minggu (29/4).

Danramil 1304-12/Sumalata, Kapten Inf Bustomi, Senin, mengatakan, tidak hanya siagakan personelnya di lokasi longsoran, namun mereka juga dikerahkan bekerjasama dengan masyarakat membersihkan longsoran sejak pagi pukul 09.00 Wita.

Hingga saat ini, kata ia, warga setempat diimbau tidak menempati rumah mereka sebab potensi longsor masih dapat terjadi kapan saja.

Sementara itu, Kepala Seksi Pencegahan BPBD Gorontalo Utara, Yayan, mengatakan, selain membersihkan rumah warga yang tertimpa longsor, pihaknya pun menyalurkan makanan siap saji bagi warga terdampak.

70 warga dari 14 keluarga pun diminta belum kembali ke rumahnya masing-masing apalagi jika curah hujan tinggi.

"Warga dibolehkan datang melihat kondisi rumah mereka dan melakukan gotong royong membersihkan longsoran namun belum dianjurkan menempati rumah apalagi saat hujan melanda," ujarnya.

Pihaknya kata Yayan, menerima laporan Pemerintah Desa Hutokalo, tercatat dua unit rumah tertimbun longsor.

Satu diantaranya tertimbun pada Senin (30/4) pukul 03.00 Wita dini hari, menyusul satu rumah sebelumnya yang tertimbun longsoran pada Minggu (29/4) sore pukul 17.00 Wita.

Lokasi longsoran ada di Desa Hutokalo kompleks Komunitas Adat Terpencil (KAT) yang ada di wilayah perbukitan yang difungsikan warga sebagai areal pertanian untuk menanam jagung.

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2018