Gorontalo,  (Antaranews Gorontalo) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo, menggelar debat terbuka ketiga Calon Bupati dan Calon Wakil Bupati pada Pilkada Serentak 2018.

"Ini debat terbuka ketiga, setelah sebelumnya debat terbuka pertama diikuti antar Calon Bupati dan kedua diikuti antar Calon Wakil Bupati," Ujar Ketua KPU Gorontalo Utara, Fadliyanto Koem, Senin, di Gorontalo.

Ia bersyukur, kegiatan yang berlangsung pukul 14.00-17.30 Wita itu, berjalan aman, tertib dan lancar.

Tema debat terbuka ketiga itu yaitu peningkatan kesejahteraan, partisipasi dan penanggulangan kemiskinan.

Ia sangat mengapresiasi tiga pasangan Calon Bupati dan Calon Wakil Bupati yang mengikuti debat dengan menampilkan kemampuan masing-masing, khususnya penguasaan visi-misi yang akan menjadi program Pemerintah Daerah jika terpilih nanti.

Debat terbuka menjadi media yang dapat disaksikan masyarakat serta untuk melihat kualitas para pasangan calon sebagai kontestan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2018 di daerah itu.

Prosesi debat terbuka kata Fadliyanto, menjadi salah satu tahapan Pilkada yang dinantikan masyarakat.

Maka para Calon Bupati dan Wakil Bupati, tidak hanya unjuk kebolehan namun diharapkan menyampaikan program dalam kapasitas demokrasi yang tinggi melalui debat terbuka.

Ia optimistis, pelaksanaan Pilkada 2018 akan berlangsung aman, tertib dan kondusif hingga hari pemungutan suara pada Rabu, 27 Juni 2018.

Tiga pasangan calon peserta Pilkada 2018 yaitu nomor urut 1 Indra Yasin-Thariq Modanggu, nomor urut 2 Thomas Mopili-Suhela dan nomor urut 3 Roni Imran-Ismail Patamani.
 

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2018