Gorontalo, (Antara News) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gorontalo, Provinsi Gorontalo, menfasilitasi dan menaungi warga lanjut usia (lansia) melalui Forum Peduli Lansia.

Hal tersebut dijalankan oleh Dinas Sosial setempat melalui program optimalisasi pelayanan lansia melalui sinergitas organisasi pemerintah daerah, kata Kepala Bidang Pelayanan dan Rehabilitasi Dinas Sosial Kabupaten Gorontalo, Titi Nur.

Ia mengatakan forum itu telah memasuki tahap sosialisasi di beberapa puskesmas kecamatan yang melibatkan para lansia.

Optimalisasi pelayanan adalah proses memaksimalkan atau menyempurnakan layanan atau jasa yang dibutuhkan disegala bidang.

Lanjut usia seseorang yang telah mencapai usia 60 tahun keatas, senergitas OPD adalah kerjasama unsur organisasi pemerintah Daerah demi mencapai hasil yang lebih baik.

"Forum peduli lansia adalah wadah untuk berkumpulnya lansia sebagai wadah interaksi bagi mereka yang lansia dalam mendapatkan berbagai informasi seputaran masalah lansia," ungkap Titi Nur.

Keinginan untuk membentuk forum lansia itu kata Titi, sebagai pemikiran dalam rangka penanganan masalah sosial, pada dasarnya hanya sebatas tanggung jawab pemerintah tetapi tanggung jawab pemerintah bersama masyarakat.

Peran pemerintah lebih bersifat memfasilitasi tumbuh kembangnya partisipasi masyarakat. Masyarakat mempunyai kesempatan yang seluas-luasnya untuk berperan dalam penyelenggaraan kesejahteraan sosial.

Titi Nur menjelaskan, tujuan pembentukan forum lansia ini agar terwujudnya optimalisasi pelayanan lansia melalui OPD dengan membentuk forum peduli lansia di 19 kecamatan.

"Manfaatnya bagi pemerintah dapat meningkatkan kinerja pemerintah daerah dalam hal pelayanan terhadap lansia di Kabupaten Gorontalo. Dapat dijadikan sebagai acuan program pemerintah dalam pelayanan lansia," pungkasnya.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2018