Gorontalo,  (Antaranews Gorontalo) - DPRD Kabupaten Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo, meminta kepada pemerintah kabupaten (pemkab) setempat, untuk memberdayakan tenaga kerja lokal.

Hal itu diungkapkan Ketua DPRD Kabupaten Gorontalo Utara, Nurjanah Yusuf, Sabtu, terkait upaya peningkatan perekenomian masyarakat di daerah itu.

Ia berharap, pemkab dalam menerapkan kerja sama dengan pihak rekanan atau ada investor, agar mewajibkan mereka mempekerjakan tenaga kerja lokal.

Jika di setiap proyek pekerjaan dalam program pemerintah daerah dapat memberdayakan tenaga kerja lokal, maka DPRD meyakini akan terjadi pertumbuhan ekonomi yang seimbang.

Artinya, pertumbuhan ekonomi riil tumbuh dari berkurangnya angka pengangguran atau naiknya pendapatan masyarakat.

"Pemkab jangan hanya memberikan keuntungan pada rekanan saja, tapi melupakan pemberdayaan terhadap masyarakat untuk melibatkan mereka sebagai tenaga kerja dalam setiap pembangunan infrastruktur yang dilaksanakan," ujarnya.

Keterlibatan tenaga kerja lokal dalam program pembangunan pemerintah daerah pun kata Nurjanah, akan memudahkan pengawasan terhadap jalannya pekerjaan.

Masyarakat bisa mengawasi langsung proses pekerjaannya, transparasi anggarannya, serta dipastikan akan mendorong terciptanya pembangunan yang berpihak pada rakyat.

"Artinya, pembangunan sarana dan prasarana publik di daerah ini pasti berkualitas sehingga pemanfaatannya jangka panjang," ujar Nurjanah.

 

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2018