Gorontalo,  (Antaranews Gorontalo) - Desa Iloponu dan Desa Botumoputi di Kecamatan Isimu, Kabupaten Gorontalo, Provinsi Gorontalo terendam banjir, Rabu malam.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Gorontalo, Husni Deka mengatakan banjir tersebut diakibatkan oleh meluapnya sungai Alo.

"Ini banjir kiriman, air sungai meluap sehingga merendam rumah yang berada di dekat sungai tersebut dengan ketinggian air mencapai 50 cm," ucapnya.

Saat ini pihaknya masih melakukan pendataan jumlah rumah dan warga yang terdampak banjir tersebut dan masih akan melihat apakah ada desa lainnya yang terdampak banjir tersebut.

"Kita masih melihat situasi, jika memang air belum surut menjelang sahur, maka akan dilakukan penanganan selanjutnya bagi warga yang rumahnya terendam banjir," kata dia, lagi.

Namun menurut Husni, dari pemantauan awal, sejumlah rumah warga yang rumahnya tergenang air sudah mulai surut dan mulai dilakukan pembersihan.

Selain merendam rumah warga, air banjir juga merendam sejumlah ruas jalan lintas Sulawesi di daerah itu.

"Pada penanganan bencana banjir ini kami tim BPBD bekerja sama dengan Satpol PP, pihak kecamatan, TNI dan Polri sudah berada dilokasi," pungkasnya.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2018