Gorontalo, (Antara News) - Legislator Kabupaten Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo, berharap pelayanan di seluruh Puskesmas sebagai fasilitas kesehatan pertama di daerah itu, tetap dibuka selama libur lebaran Idul Fitri 1439 hijriyah.

"Meski libur lebaran, saya berharap pelayanan di Puskesmas dan Rumah Sakit, tetap dibuka untuk memudahkan masyarakat," ujar Ketua Komisi III DPRD Gorontalo Utara, Rahmat Lamaji, di Gorontalo, Jumat.

Ia mengatakan, sebanyak 15 Puskesmas tersebar di 11 kecamatan di daerah itu, diharapkan tetap membuka pelayanannya jelang libur lebaran Idul Fitri hingga selesai liburan.

Masa liburan saat ini cukup panjang kata Rahmat, maka diharapkan pelayanan tetap dibuka meski seluruh Puskesmas menyiasati jam operasional agar tetap menghormati para petugas medis yang akan menikmati libur lebaran.

"Yang penting pelayanan tetap berlangsung, meskipun jam operasionalnya diatur," ujarnya.

Kepala Puskesmas "Medical Centre Kwandang" yang ada di pusat ibu kota kabupaten itu, Yuliana Mizar mengatakan, pihaknya tetap membuka pelayanan selama libur lebaran.

Hanya saja kata ia, pelayanan hanya dibuka di Unit Gawat Darurat (UGD) dan rawat inap.

Untuk pelayanan rawat jalan kata ia, belum akan dilakukan selama libur lebaran, namun masyarakat yang datang berobat tetap akan dilayani melalui UGD.

Selama libur lebaran kata ia, seluruh petugas medis yang ada tetap disiagakan, mengingat Puskesmas itu berada di jalur lintas Sulawesi, sehingga diharapkan bisa melayani para pelintas yang ingin mendapatkan pelayanan kesehatan.

Termasuk para dokter kata ia, tetap bertugas meskipun pelayanan selama libur lebaran, akan diatur melalui fasilitas "on call".

Menghadapi libur lebaran, berbagai kesiapan pun dilakukan kata Yuliana, termasuk stok obat yang harus cukup hingga libur usai.

Kesiapan bahan bakar untuk ambulans harus terisi penuh dan seluruh tabung oksigen pun harus terisi penuh.

"Kesiapan itu diharapkan bisa memaksimalkan pelayanan selama libur lebaran," ujarnya.

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2018