Gorontalo, (Antaranews Gorontalo) - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Gorontalo Fadliyanto Koem mengungkapkan jelang pemungutan dan penghitungan suara di Pilkada Kabupaten Gorontalo Utara serta Kota Gorontalo, pihaknya belum menerima informasi kendala dalam logistik.

Berdasarkan hasil laporan dari KPU dua daerah yang melaksanakan Pilkada itu, semua proses berjalan sesuai perencanaan.

"Untuk Kabupaten Gorontalo utara sendiri, telah dilaporkan formulir C6 sebagian sudah didistribusikan, dan sebagian lagi sementara berproses," kata Fadliyanto, Minggu.

Ditargetkan dalam satu atau dua hari ke depan, pendistribusian C6 ke Panitia Pemungutan Suara (PPS) akan selesai dan nantinya mereka (PPS) yang akan mendistribusikan langsung ke pemilih.

Ia menambahkan, terkait dengan pemindaian dan penginputan hasil perolehan suara lewat aplikasi Sisitem Informasi Penghitungan Suara (Situng), pihaknya telah meminjamkan alat scan untuk mempercepat proses pemindaian.

"Kami sudah pinjamkan milik provinsi, karena kami targetkan Gorontalo bisa lebih tercepat melakukan proses penginputan dari daerah lain se-Indonesia yang melaksanakan Pilkada," ujarnya.

Sementara itu, anggota KPU Kota Gorontalo Salihun Ischak mengatakan semua kebutuhan logistik sudah selesai, tinggal pendistribusian yang nantinya akan dilaksanakan sesuai tahapan.

"Kecuali formulir C6, sudah didistribusikan ke PPS, nantinya lima hari sebelum hari pemungutan suara sudah diserahkan ke pemilih," kata Salihun Ischak.

Untuk kelancaran proses pemungutan dan penghitungan suara di TPS, dalam waktu dekat ini, pihaknya akan memberikan pelatihan atau bimbingan teknis kepada Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suaran (KPPS) terkait proses pungut hitung.

Pewarta: Farid

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2018