Gorontalo,  (Antaranews Gorontalo) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bone Bolango meningkatkan kompetensi sumber daya manusia aparatur perencanaan dengan menggelar pelatihan penguatan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan (SAKIP) dan diseminasi reformasi birokrasi pemerintah.

Bupati Bone Bolango, Hamim Pou di Gorontalo mengatakan pemkab telah berupaya menyelenggarakan pemerintahan dengan berprinsip pada tata kelola pemerintah yang baik dan berorientasi pada hasil sesuai dengan kewenangannya.?

Menurutnya, dalam mewujudkan pemerintahan yang baik, akuntabilitas merupakan salah satu aspek penting yang harus diimplementasikan dalam manajemen pemerintahan.?

"SAKIP tidak hanya sekedar alat akuntabilitas, tapi juga sebagai sarana yang strategis untuk mengevaluasi diri dalam rangka peningkatan kinerja kedepannya," ujarnya.

Oleh karena itu menurutnya dengan langkah ini, setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dapat senantiasa melakukan perbaikan dalam mewujudkan praktik-praktik penyelenggaraan pemerintahan yang baik dan meningkatkan kualitas pelayanan publik.

"Alhamdulillah, dengan kerja keras kita sejak tahun 2017 sampai dengan sekarang Kabupaten Bone Bolango bisa mendapatkan predikat BB untuk SAKIP tahun 2017," ungkapnya.

Hamim mengatakan hal itu merupakan prestasi luar biasa karena pada tahun 2016 predikat SAKIP adalah CC dan mengalami lompatan ke predikat BB.

"Jadi tidak ada lagi istilah kita turun ke CC. SAKIP kita sudah dapat BB dan dapat opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) lima kali berturut-turut, sudah dapat piala Adipura, proporsi anggaran untuk publik lebih besar daripada belanja aparat," kata dia, lagi.
 

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2018