Gorontalo,  (Antaranews Gorontalo) - Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo, melatih Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) dalam mengakses dan mengelola informasi dalam rangka mengatasi kesenjangan informasi di Kabila.

Asisten III Bidang Administrasi Setda Kabupaten Bone Bolango, Syarifudin Uloli di Gorontalo mengatakan pelatihan itu dilakukan melalui bimbingan teknis (bimtek) jurnalis dalam rangka pemberdayaan KIM melalui diseminasi kafe informasi yang diikuti oleh 50 peserta.

"Semoga melalui pelatihan ini setiap anggota KIM mampu memberikan kontribusi informasi terkait berbagai capaian dan program kegiatan di masing-masing KIM yang akan disampaikan kepada publik menggunakan metode jurnalis yang baik dan benar," ujarnya.

Sementara itu, Plt Kepala Diskominfo Bone Bolango, Lukman A. Daud menambahkan, bahwa pelatihan jurnalis merupakan salah satu upaya dalam meningkatkan sumber daya manusia, khususnya dalam pengenalan dunia pers yang berkembang dengan kecepatan yang luar biasa.?

"Pelatihan ini juga akan menambah pengetahuan dan keterampilan yang merupakan tuntutan profesionalisme dalam bidang jurnalis," ujarnya.?

Mulai dari teknik penulisan, pengambilan gambar serta teknis wawancara dengan tetap memperhatikan aktualitas dan kelayakan berita, kebutuhan publik serta teknik klarifikasi sumber berita dan lain sebagainya.?

Lukman berharap, melalui kegiatan Bimtek jurnalis ini dapat mewujudkan anggota KIM yang cerdas, kreatif dan mandiri sebagai upaya mengembangkan kualitas SDM di bidang informasi untuk mendukung kemajuan pembangunan dan informasi di Kabupaten Bone Bolango.

Sebelumnya, Kepala Bidang Komunikasi, Diskominfo Bonebol Arfan Luwiti menjelaskan tujuan Bimtek tersebut, antara lain untuk memberikan pengetahuan serta pengembangan SDM, khususnya tentang jurnalis kepada anggota KIM, melatih anggota KIM untuk dapat menulis laporan jurnalis.

Selain itu, untuk meningkatkan kapasitas dan kemampuan anggota KIM dalam mengakses dan mengelola informasi dalam rangka mengatasi kesenjangan informasi, dan untuk meningkatkan dan mengembangkan aktivitas dalam memberikan nilai tambah dan manfaat bagi KIM dalam mendayagunakan informasi.

"Diharapkan melalui pelatihan ini, dapat meningkatkan keterampilan admin maupun operator masing-masing KIM sebagai kontributor berita, informasi dan data publik, sehingga menjadi satu kesatuan informasi pembangunan daerah yang akan kita sajikan secara baik kepada masyarakat," tutup Arfan Luwiti. (KR-ADW).
 

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2018