Gorontalo,  (Antaranews Gorontalo) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gorontalo akan mengembangkan Limboto Science Techno Park (STP) dengan menggelar diseminasi yang menghadirkan pemateri Sekjen Asosiasi STP, Gopa Kusworo.

Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo di Gorontalo, Sabtu, mengatakan STP masuk dalam point ilmu yakni inovasi.

"Kita perlu tahu bahwa inovasi ini bisa menjadi tolok ukur dalam menilai satu daerah ataupun negara maju. Kita lihat saja Negara Korea, mereka lebih muda dari Indonesia tapi inovasi mereka benar-benar diakui dunia," ujarnya.

Ia mengungkapkan inovasi itulah yang terus dikejar. Menurutnya jika inovasi kita kuat maka besar kemungkinan daerah maupun rakyat akan sejahtera.

"Disamping itu, yang harus kita bedah adalah masalah prduktivitas dan pasar. Produksi kita harus kuat dan memiliki nilai tambah, karena produksi yang hanya biasa-biasa saja sulit untuk berkembang," pungkas Nelson.

Sementara itu, Gopa Kuncoro menyampaikan bahwa keberhasilan suatu STP minimal harus memainkan tiga peran utama,

"Yaitu melaksanakan penelitian dan pengembangan, menumbuhkan dan mengembangkan perusahaan pemula berbasis teknologi, serta menumbuhkan klaster industri atau menarik industri ke dalam kawasan, sehingga terjadi ekosistem inovasi benar-benar bisa terwujud dengan aktor utama," jelasnya.

Ia mengungkapkan, Solo Techno Park (Solo TP) merupakan salah satu contoh STP di Indonesia yang dianggap cukup berkembang dengan baik, dimana semua itu tentu tidak lepas dari komitmen Pemkot Surakarta dalam pengembangan fungsi STP yang pelan tapi pasti.
 

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2018