Gorontalo, (Antara News) - Kegiatan petualangan wisata yang memanfaatkan potensi alam di Kabupaten Bone Bolango, telah dimasukkan ke "calender of event" oleh pemerintah kabupaten (pemkab) setempat.

"Kami memiliki banyak potensi alam yang dijadikan petualangan wisata, baik pegunungan, sungai hingga agro wisata," kata Bupati Bone Bolango Hamim Pou belum lama ini.

Di Kabupaten itu, ada kawasan hutan lindung Nani Wartabone yang banyak keindahan margasatwa, yang layak untuk dilakukan petualangan. Kemudian petualangan Pinogu yang memiliki keindahan alam.

Ada air terjun di Bulango Ulu menjadi Air Terjun Tiga Bidadari dan di Mongiilo menjadi Air Terjun Empat Bidadari, serta yang dikenal luas adalah "Longalo River Tubing".

"Petualangan wisata bisa menjadi destinasi di Provinsi Gorontalo hingga di Indonesia timur. Sehingga yang diharapkan sekarang pengembangan potensi hingga promosi yang lebih optimal," katanya.

Sebelumnya Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparek) Kabupaten Bone Bolango Aznan Nadjamudin mengatakan, selain tempat tujuan wisata yang beragam, daerah itu sudah menyiapkan kalender iven dalam menunjang peningkatan kunjungan wisatawan di daerah itu.

"Calender of event Bone Bolango 2018? pun disiapkan sejak Januari hingga Desember 2018. Mulai dari Jelajah Pinogu hingga mancing mania di Danau Perintis," ujar Aznan.

Untuk kegiatan di bulan Juli hingga Desember mendatang serangkaian kegiatan yang memadukan, wisata petualangan dan wisata olahraga jadi andalan.

"Bulan Juli ini ada kegaitan Pinogu adventure dan untuk Bulan Agustus nanti ada kegiatan gebyar kemerdekaan hingga Gowes Bonebol ajang bersepeda sambil berwisata," jelasnya. (adv/humas)

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2018