Gorontalo, (Antara News) - Badan Kerja Sama Utara-Utara (BKSU) yang melibatkan beberapa pemerintah daerah di Gorontalo, Sulawesi Utara dan Sulawesi Tengah, sepakat menjajaki kerja sama untuk mengembangkan sektor pariwisata.

BKSU terdiri dari Kabupaten Buol Provinsi Sulawesi Tengah, Kabupaten Bolaang Mongondow Utara Provinsi Sulawesi Utara, Kabupaten Gorontalo Utara (Gorut), dan Kabupaten Bone Bolango (Bonebol) Provinsi Gorontalo.

"di wilayah anggota BKSU ini memiliki potensi pariwisata yang besar, ini yang harus dijajaki untuk dikerjasamakan," kata Kepala Bappeda-Litbang Kabupaten Bone Bolango Iwan Mustapa.

Kata dia, kerja sama sektor pariwisata ini bisa juga akan menjajaki kemungkinan kerja sama dengan daerah lain di luar empat daerah di BKSU.

Seperti dengan Kabupaten Raja Ampat Provinsi Papua Barat, Kabupaten Luwuk Provinsi Sulawesi Tengah, dan daerah-daerah potensial lainnya.

Rencana kerja sama yang akan dikembangkan mulai tahun depan, yakni kerja sama dalam promosi bersama, pembinaan sumber daya manusia (SDM), dan pelaksanaan event pariwisata terpadu pada tahun 2019.

Khusus di Kabupaten Bone Bolango, pengembangan sektor pariwisata menjadi program unggulan, karena banyak potensi yang terus dikembangkan.

Sebut saja wisata Pantai Olele dan pantai Botubarani yang disinggahi sejumlah hiu paus.

Kemudian ada air terjun di Bulango Ulu menjadi Air Terjun Tiga Bidadari dan di Mongiilo menjadi Air Terjun Empat Bidadari, serta yang dikenal luas adalah "Longalo River Tubing", kemudian wisata alam Lombongo. (adv/humas)

Pewarta: Antara

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2018