Gorontalo, 30/7 (Antara) - Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Gorontalo melakukan pelayanan dan sosialisasi tentang Keluarga Berencana (KB) di lokasi pelaksanaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Desa Pangea, Kabupaten Boalemo, Provinsi Gorontalo.

Perwakilan BKKBN dari Komuniasi Informasi dan Edukasi, Piyo Surya Kusuma, Senin, mengatakan kegiatan itu adalah kerja sama antara pihaknya dengan Satuan Tugas (Satgas) TMMD.

"Kegiatan ini merupakan langkah awal dari pelaksanaaan sosialisasi dan pelayanan KB kepada masyarakat khusunya masyarakat Desa Pangea," ujarnya.

Ia menjelaskan, kegiatan yang dilakukan di lokasi TMMD merupakan tindak lanjut dari kerja sama antara BKKBN dan TNI dan percepatan pencapaian program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK).

"Melalui program ini kita ingin mewujudkan penduduk tumbuh seimbang dan keluarga sejahtera," kata ia, lagi.
Menurut Piyo, program TMMD sangat membantu pihaknya dalam mengenalkan atau mensosialisasikan dan melakukan pelayanan KB di pelosok daerah.

"Kita juga melakukan pemutaran film serta penyuluhan yang berkaitan dengan program KB," ungkap Piyo.

Ia menambahkan, dengan adanya program itu, maka sinergitas dalam membangun daerah akan terus berjalan dengan baik.

Sebelumnya, Kepala BKKBN Provinsi Gorontalo, Muhammad Edi Muin mengatakan melalui program TMMD pihaknya ingin mengajaka masyarakat untuk menggunakan Metode KB Jangka Panjang (MKJB) dengan lebih baik.

Salah satu program yang diarahkan kepada masyarakat adalah penggunaan susuk KB atau implan KB.

"Oleh karena itu kita memberikan dukungan kepada TMMD ini, dengan menggunakan KB maka keluarga bisa memiliki waktu lebih banyak, anak dan ibu sehat," jelasnya.

 

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2018