Gorontalo, (Antaranews Gorontalo) - Perusahaan Umum (Perum) Jaminan Kredit Indonesia (Jamkrindo) selaku PIC program BUMN Hadir Untuk Negeri bersama Perum Perumnas co-PIC, berharap peserta Siswa Mengenal Nusantara (SMN) agar dapat memperkenalkan pariwisata daerah Gorontalo, saat berada di Provinsi Lampung Nanti.

Kepala kantor Jamkrindo cabang Gorontalo Etyk Turniyatun, usai kegiatan pembekalan SMN asal Gorontalo menuturkan, SMN adalah salah satu kegiatan dari program BUMN Hadir Untuk Negeri 2018.

"Dimana sejumlah pelajar dari Gorontalo akan dikirim ke Lampung untuk mengenal adat, budaya dan pariwisata yang ada disana, begitu juga sebaliknya, yang dari Lampung akan mengenal kebudayaan daerah Gorontalo," kata Etyk Turniyatun.

Sehingga sebelum mereka diberangkatkan ke Lampung, mereka sudah dibekali dengan tentang sektor pariwisa, budaya serta adat yang ada di Gorontalo, dengan menghadirkan narasumber dari Dinas Pariwisata Provinsi Gorontalo.

"Ini dimaksud, ketika para siswa ini sudah berada di Lampung, mereka dapat memperkenalkan pariwisata Gorontalo," jelas Etyk.

Sementara itu kepala Dinas Pariwisata Provinsi Gorontalo, Nancy Lahay mengatakan bahwa pariwisata merupakan aset daerah yang harus terus dijaga dan dilestarikan.

"Karena pariwisata merupakan sektor urutan kedua sebagai penyumbang devisa terbesar di Indonesia," kata Nancy Lahay, saat memberikan pembekalan kepada peserta SMN asal Gorontalo.

Oleh sebab itu, kelestarian dari pariwisata suatu daerah tentunya sangat bergantung pada kesadaran masyarakat setempat untuk tetap menjaganya agar tetap baik.

Menurutnya, dari kesadaran dan kepedulian kita menjaga objek wisata tentunya akan banyak memberikan manfaat bagi kelangsungan perekonomian masyarakat.

"Jika suata tempat wisata terpelihara dengan baik, wilayahnya aman, maka akan ada banyak pengunjung yang datang untuk menikmati objek wisata tersebut, yang secara tidak langsung dapat meningkatkan pendapatan bagi masyarakat sekitar dan tentu juga bagi negara," jelasnya.

Di samping itu, Gorontalo juga memiliki berbagai macam budaya yang juga menjadi bagian dari "Calendar Of Event" dalam usaha peningkatan kunjungan wisatawan, terutama dari manca negara.

"Saya berharap dengan adanya pembekalan tentang apa saja budaya serta pariwisata yang ada di Gorontalo, para siswa dapat menjelaskan lebih banyak lagi tentang pariwisata dan juga budaya apa saja yang ada di Gorontalo," tutupnya.

Pewarta: Farid

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2018