Gorontalo,  (Antaranews Gorontalo) - Dua petani asal Gorontalo, yakni Abdul Gias Sila dan Apris Buhungo, berhasil meraih prestasi menjadi Petani Teladan Nasional 2018

Kepala Dinas Pertanian Gorontalo Muljady D. Mario di Gorontalo, Jumat, mengatakan Gias Sila menjadi Penyuluh Pertanian Teladan 1 Nasional menyisihkan dua penyuluh lain asal Kalimantan Selatan dan Jawa Tengah yang harus puas di urutan 2 dan 3.

Apris Buhungo menjadi yang terbaik dalam Kelembagaan Ekonomi Petani Berprestasi.

Apris yang bernaung di Koperasi Insan Mandiri Bone Pantai itu, mengungguli koperasi asal NTB dan NTT.

Sebanyak lima kategori dilombakan di tingkat nasional, yakni Petani Berprestasi, Balai Penyuluh Pertanian, Gapoktan Berprestasi, Penyuluh Pertanian Berprestasi, dan Kelembagaan Ekonomi Petani.

"Alhamdulillah mereka menjadi yang terbaik di dua kategori," kata dia.

Sebagai apresiasi atas prestasi tersebut, keduanya diundang oleh Presiden RI Joko Widodo untuk hadir pada upacara HUT Ke-73 Proklamasi RI.

Keduanya tampil menggunakan pakaian adat Gorontalo, makuta, yang lazim digunakan pria daerah daerah itu dalam prosesi pesta pernikahan.

Sehari sebelumnya, keduanya juga diundang pada Sidang Tahunan MPR/DPR/DPD di gedung parlemen Jakarta.

Kedua petani tersebut juga menghadiri resepsi kenegaraan yang berlangsung pada 17 Agustus malam.

Muljady berharap, prestasi keduanya menjadi penyemangat bagi petani lain di daerah itu, untuk melakukan yang terbaik dalam bidangnya.

Pewarta: Debby H. Mano

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2018