Gorontalo,  (Antaranews Gorontalo) - Bupati Bone Bolango (Bonebol), Provinsi Gorontalo, Hamim Pou mengajak masyarakat untuk membeli ternak sapi lokal atau di daerah itu, khususnya menghadapi Idul Adha.

Bupati mengajak warga jika membutuhkan hewan kurban, untuk membeli sapi di Kecamatan Bulango Timur, karena pasar di wilayah itu sudah terintegrasi dengan rumah potong hewan (RPH).

"Kalau mencari sapi yang sehat dan murah, silahkan datang ke pasar hewan Bulango Timur. Apalagi di pasar itu sudah terintegrasi dengan rumah potong hewan," katanya, Senin.

Ajakan itu, menurut Bupati Hamim, sebagai bentuk sosialisasi pasar hewan di Kecamatan Bulango Timur. Jika perlu, menurut Bupati Hamim, sosialisasi itu harus terus digalakan agar seluruh masyarakat di Gorontalo bisa mengetahuinya.

"Kita adalah pemasar berbagai produk dari Kabupaten Bone Bolango. Jika ratusan ASN bisa memposting kegiatan ini, insya Allah banyak yang beli sapi, baik untuk kurban maupun kebutuhan harian," ujar Bupati Hamim.

Bupati juga mengajak para ibu-ibu pejabat di daerah itu untuk berbelanja di Kecamatan Bulango Timur. Ia meminta kepada mereka untuk membeli hasil produk warga Bone Bolango.

"Bela produk lokal. Kita ajak warga dibiasakan jual beli sapi di pasar sapi, bahkan potong sapi di Slaughter House," tegas Bupati Hamim.

Sebelumnya, Kepala Dinas Peternakan Kabupaten Bone Bolango, Rowaty Agus mengatakan pemotongan sapi wajib dilakukan di Rumah Potong Hewan.

"Saat ini RPH di Kabupaten Bone Bolango yang berlokasi di Bulango Timur sudah beroperasi. Maka seluruh proses pemotongan hewan, terutama sapi akan dikonsentrasikan di RPH tersebut," katanya.

Untuk menunjang beroperasinya RPH tersebut, maka dibutuhkan Peraturan Daerah (Perda) tentang RPH. Pemerintah sendiri saat ini sudah menerbitkan Perda tersebut.
 

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2018