Gorontalo,  (Antaranews Gorontalo) - Bank Indonesia Perwakilan Gorontalo bersama Badan Musyawarah Perbankan Daerah (BMPD) melakukan Kampanye Gerbang Pembayaran Nasional (GPN), yang dilaksanakan Lapangan Taruna Remaja Gorontalo, Minggu.

Kepala Kantor Perwakilan BI Gorontalo, Ricky P Gozali mengatakan Kampanye GPN dibuka dengan kegiatan `Fun Walk` yang diikuti lebih dari 2.000 peserta, senam zumba dan peluncurkan kampanye bersama Wakil Gubernur Idris Rahim.

"Pembukaan acara kita tandai dengan pelepasan balon dan juga simbolis penukaran kartu debit lama dengan kartu debit berlogo GPN bersama Wakil Gubernur," ujarnya.

Ia menjelaskan, penukaran kartu GPN menjadi awal yang baik dalam implementasi Gerbang Pembayaran Nasional secara menyeluruh, masif dan cepat di Provinsi Gorontalo.

"Aktivitas GPN dapat mendukung terciptanya sistem pembayaran yang efisien dengan adanya interkoneksi dan interoperabilitas yang akan mendorong terjadinya sharing infrastruktur dan meningkatkan utilisasi ATM dan EDC," jelasnya.

Sehingga alokasi biaya investasi infrastruktur dapat dialihkan kembali untuk kegiatan pembiayaan pinjaman yang pada akhirnya akan berdampak positif terhadap pertumbuhan ekonomi.

"Implementasi GPN juga diharapkan dapat mempengaruhi kompleksitas koneksi dari yang sebelumnya bersifat bilateral antar pihak menjadi tersentralisasi di GPN," urainya.

Selain itu, GPN juga akan meningkatkan perlindungan konsumen melalui pengamanan data transaksi nasabah dan meyakinkan ketersediaan serta integritas data transaksi sistem pembayaran nasional guna mendukung efektivitas transmisi kebijakan moneter, efisiensi intermediasi serta resiliensi sistem keuangan.

"Gelaran kampanye GPN di Provinsi Gorontalo akan dilakukan selama seminggu dengan kegiatan utama berupa penukaran kartu debit lama menjadi kartu debit berlogo GPN di berbagai tempat, khususnya Kantor Perbankan di Gorontalo," kata Ricky, lagi.

Ke depan, Bank Indonesia mengharapkan agar masyarakat turut berpartisipasi dalam mendukung Gerbang Pembayaran Nasional agar sistem pembayaran dalam negeri semakin kuat dan handal.

Kampanye GPN juga dibarengkan dengan pembukaan pekan olah raga dan seni perbankan (Porsebank) Gorontalo tahun 2018.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2018