Gorontalo, (Antara News) - Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo berharap kegiatan Bursa Inovasi Desa (BID) mampu melahirkan berbagai ide kreatif, program dan inovasi, serta mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Ia menjelaskan BID diselenggarakanuntuk menemukan inovasi desa, apalagi dari tahun ke tahun desa terus dikembangkan.

"Alhamdulillah banyak hal yang dilakukan di desa walaupun masih banyak yang kita perbaiki, terutama dari sisi pengemasan, pasaran hingga jaringan," ujarnya.

Untuk itu menurut Nelson, ia telah memerintahkan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa untuk mengidentifikasi berbagai inovasi yang dihasilkan oleh desa untuk melihat langsung apa saja yng dapat dilakukan.

Sebelumnya, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Gorontalo, Nawir Tondako mengatakan pada BID tersebut berbagai hasil kreasi dan inovasi masyarakat yang bergerak bidang pemberdayaan desa dan dikelola pemerintah desa dipamerkan.

"Pelaksanaan BID ini adalah bagian program inovasi desa, dan tahun ini alhamndulilah merupakan tahun kedua pelaksanaannya. Pada intinya melalui bursa ini, kita mengidentifikasi seluruh kegiatan pembangunan yang ada muatan inovasinya, praktik-praktik di Kecamatan dan desa ataupun diluar kecamatan," ujarnya.

Ia menjelaskan, semua inovasi desa diidentifikasi, dikumpulkan dan didokumentasikan lalu dipamerkan pada BID tersebut.

"Namanya bursa, jadi seperti pasar, jadi kita menjual ide, inovasi di desa maupun di luar desa," kata dia, lagi.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2018