Jayapura, (Antara News) - Relawan Tim Cakra 19 Papua dan Papua Barat mendeklarasikan dukungan untuk memenangkan pasangan Joko Widodo-Ma'ruf Amin pada Pilpres 2019, yang dipusatkan di titik nol Sota, Kabupaten Merauke, yang berbatasan dengan Papua Nugini (PNG).

Deklarasi itu ditandai dengan pembacaan dukungan yang dibacakan Ketua Lembaga Masyarakat Adat Kabupaten Merauke Ferdinand Wanim Mahuse didampingi tokoh masyarakat, pejuang Trikora, kepala suku, purnawirawan dan tokoh agama serta kompone masyarakat lainnya dari seluruh tanah Papua.

Hadir dalam deklarasi tersebut  Sekretaris Tim Cakra 19 Letjen TNI (Purn) Eko Wiratmoko dan Koordinator Tim Cakra 19 Papua dan Papua Barat (PPB) Letjen TNI (Purn) Hinsa Siburian.

Seusai pembacaan dan penandatanganan pernyataan dukungan, kemudian dilakukan penyerahan bendera Cakra 19 dari Letjen TNI (Purn) Eko Wiratmoko kepada Ketua LMA Kabupaten Merauke didampingi tokoh masyarakat yang hadir dalam deklarasi yang dilaksanakan 80 km dari Kota Merauke.

Daud Sima, tokoh masyarakat dari suku Kammu yang mendiami kawasan Sota, perbatasan RI-PNG mengatakan, dia akan mengajak masyarakat mendukung dan memilih Jokowi sehingga berbagai program pembangunan yang belum selesai dilaksanakan dapat dilanjutkan.

"Jokowi sudah membuktikan dan kepemimpinannya dirasakan masyarakat sehingga harus didukung hingga terpilih kembali dalam Pilpres 2019 untuk kedua kalinya," kata Sima.

Hal serupa juga disampaikan Jhon Tabo, tokoh masyarakat dari Pegunungan Tengah, yang mengatakan, di zaman kepemimpinan Jokowi telah terwujud pemerataan pembangunan khususnya bagi Papua sehingga berbagai hasil pembangunan benar-benar dirasakan oleh masyarakat.

"Bahkan jalan Jayapura-Wamena sepanjang 585 km saat ini sudah bisa dilewati hingga ke depan dapat menekan berbagai harga kebutuhan masyarakat," kata Tabo seraya menyatakan akan berjuang agar Jokowi menang dalam Pilpres 2019.

Sementara Koordinator Tim Relawan Cakra 19  Papua dan Papua Barat Letjen TNI (Purn) Hinsa Siburian mengatakan, masyarakat Indonesia bersaudara dari Merauke hingga Sabang sehingga harus saling menghormati dan tidak boleh saling menfitnah.

Jokowi merupakan sosok yang terbaik dalam memimpin republik di periode mendatang karena sudah teruji baik sebagai Wali Kota Solo dua periode, Gubernur DKI Jakarta dan sebagai Presiden selama empat tahun terakhir.

"Jokowi yang terbaik dalam empat tahun terakhir sehingga kita harus tetap mendukung dan memilih dalam Pilpres 2019," kata mantan Wakasad dan mantan Pangdam XVII Cenderawasih itu
       
Seusai deklarasi pemenangan Jokowi-Ma'ruf, para peserta meninjau tugu perbatasan di Sota, yang ditempuh sekitar satu jam dari Kota Merauke.

Pewarta: Evarukdijati

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2018