Gorontalo,  (Antaranews Gorontalo) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Gorontalo melakukan upacara serah terima "Kirab Satu Negeri Bela Agama Negeri", yang dilaksanakan Gerakan Pemuda Ansor (GP Ansor) di halaman rumah jabatan Gubernur Gorontalo.

Upacara serah terima tersebut dipimpin langsung oleh Asisten II Pemprov Gorontalo Sutan Rusdi, dan dihadiri oleh pengurus GP Ansor Provinsi Gorontalo, Jumat.

"Pemerintah provinsi menyambut baik dan mendukung kedatangan dan pelaksanaan kirab satu negeri dimana Gorontalo masuk zona 5 yang dilepas dari Pulau Miangas, Sulawesi Utara," kata Sutan Rusdi.

Ia menjelaskan bahwa tujuan pelaksanaan kegiatan Kirab Satu Negeri oleh GP Ansor sangat bagus karena dalam rangka untuk menjaga dan menunjukkan kesatuan dan keutuhan bangsa Indonesia itu sendiri.

"Dilihat dari sisi agama dan kemasyarakatan Kirab Satu Negeri "Bela Agama Negeri" oleh GP Ansor sangat membantu pemerintah," jelasnya.

Sementara itu pimpinan wilayah GP Ansor Provinsi Gorontalo Fadli Alamri mengatakan sejak tiba dari Provinsi Sulawesi Utara, peserta sudah melintasi Kabupaten Gorontalo Utara, Bone Bolango dan Kota Gorontalo.

"Di Kota Gorontalo banyak agenda keagamaan yang dilaknsanakan di antaranya yaitu, zikir di Masjid Hunto yang merupakan masjid tertua di Gorontalo," kata Fadli Alamri.

Sebelumnya siang tadi, peserta kirab telah mengunjungi makan aulia Gorontalo Ju Panggola, dan makam pahlawan nasional Nani Wartabone di Kabupaten Bone Bolango.

Rencananya peserta kirab akan bergeser ke Kabupaten Boalemo dan Pohuwato dan akan menginap di Pondok Pesantren Salafiyah Syafi`iyah, sebelum bertolak ke Provinsi Sulawesi Tengah.

Pewarta: Farid

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2018