Gorontalo,  (Antaranews Gorontalo ) - Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo menyalurkan air bersih untuk warga yang mengalami kesulitan air akibat kemarau.


Direktur PDAM Bonebol Yusar Laya di Gorontalo, Sabtu, mengatakan penyaluran air bersih kepada warga dilakukan dengan mengerahkan mobil tanki.


"Musim kemarau menyebabkan pasokan air bersih untuk pelanggan mengalami penurusan sebesar 50 persen, debit air bersih turun sejak sebulan terakhir," ujarnya.


Ia menjelaskan, penyaluran air bersih kepada warga merupakan salah satu langkah antisipasi saat musim kemarau tiba.


"Penyaluran air bersih ini kita jadwalnya, setiap hari sebanyak 10 ribu liter yang disalurkan kepada 1.000 kepala keluarga yang ada di beberapa desa dan kecamatan," kata dia, lagi.


Yusar mengungkapkan ada beberapa desa yang ada di setiap kecamatan mengalami penurunan pasokan air bersih, diantaranya sebagian desa di Kecamatan Botupingge, Kecamatan Suwawa Selatan.


Kemudian Kecamatan Bulango Utara, Kecamatan Tapa, Kecamatan Tilongkabila, Kecamatan Suwawa, dan sebagian desa di Kecamatan Kabila.

Sementara itu, Mohammad, salah seorang warga mengaku sangat terbantu dengan adanya pasokan air bersih dari PDAM di daerah yang mengalami kesulitan air.


"Langkah cepat yang diambil oleh PDAM patut diapresiasi, semoga pasokan air ini cukup dan kemarau segera berakhir," pungkasnya.
 

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2018