Gorontalo,  (Antaranews Gorontalo) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Gorontalo menerima penghargaan dari Menteri Dalam Negeri (Mendagri), sebagai salah satu dari 17 provinsi yang menyelesaikan Tindak Lanjut Hasil Pengawasan (TLHP) penyelenggaraan pemerintah daerah.

"Penghargaan ini kami terima karena Pemprov Gorontalo telah menyelesaikan tindak lanjut pengawasan Itjen Kemendagri dengan baik dan tepat waktu," kata Wakil Gubernur Gorontalo, Idris Rahim usai menerima penghargaan yang diserahkan langsung oleh Mendagri, Tjahjo Kumolo di Bengkulu, Selasa.

Menurutnya penghargaan tersebut seharusnya akan lebih memacu kinerja seluruh aparat pemprov, dalam berbagai bidang.

Pada rapat yang mengangkat tema "APIP Daerah Yang Kuat Bersama Mencegah Korupsi", Mendagri Tjahjo Kumolo memberikan apresiasi kepada Inspektorat dan seluruh organisasi perangkat daerah yang telah bekerja keras menyelesaikan TLHP Itjen Kemendagri.

Mendagri meminta kepada Wakil Gubernur seluruh provinsi di Indonesia selaku koordinator TLHP, untuk terus mengamati dan mengawasi jangan sampai terjadi penyimpangan temuan terhadap pelaksanaan pembangunan dan penyelenggaraan pemerintahan di daerah.

"Pahami area yang rawan korupsi dan lakukan perencanaan anggaran dengan baik. Awasi dengan fokus dana hibah, bantuan sosial, pajak, dan retribusi, termasuk pengadaan barang dan jasa," katanya.

Rapat tersebut menghasilkan beberapa poin kesimpulan, diantaranya adalah penekanan terhadap tiga area perubahan yang harus menjadi perhatian bagi Aparat Pengawasan Internal Pemerintah (APIP), yaitu aspek kelembagaan, aspek anggaran, dan aspek sumber daya.

Selain itu, APIP juga harus menjaga integritas dan profesionalitas, serta mampu mendorong perangkat daerah untuk membangun sistem pengendalian yang handal.

APIP secara terus menerus meningkatkan kapabilitasnya menuju APIP Level III yang mampu mendeteksi terjadinya penyimpangan dan mampu memberikan saran kepada perangkat daerah lainnya.

Rapat pemutakhiran data TLHP tingkat nasional tahun 2018, berlangsung selama tiga hari, tanggal 8 hingga 10 Oktober 2018.

Pewarta: Debby H. Mano

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2018