Gorontalo,  (Antaranews Gorontalo) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bone Bolango, Provinsi Gorontalo menyiapkan lahan seluas 513,5 hektar untuk penanaman padi ladang yang tersebar di 12 kecamatan.

Bupati Bone Bolango, Hamim Pou di Gorontalo, Rabu, mengatakan pengembangan padi ladang merupakan strategi program sebagai upaya khusus peningkatan produksi padi untuk mendukung visi kedaulatan pangan dan peningkatan kesejahteraan petani.

"Alhamdulillah kita bisa melakukan gerakan tanam padi ladang. Kegiatan ini penting dalam kaitannya untuk mewujudkan ketahanan dan kedaulatan pangan," ujar Hamim.

Ia menjelaskan, dari 513,5 hektare untuk penanaman padi ladang, sebagian besar lahan itu berada di Kecamatan Pinogu dengan luas 119,5 hektare.

Bupati mengungkapkan kegiatan gerakan tanam padi ladang merupakan upaya khusus dalam rangka peningkatan produksi padi, jagung, dan kedelai (Pajale) di Kabupaten Bone Bolango.

Dia pun berharap keberadaan 513,5 hektare luas lahan padi ladang di daerah itu capaiannya harus bisa 100 persen.

Untuk itu, Hamim meminta kepada para penyuluh pertanian, agar bekerja keras untuk mewujudkan 513,5 hektar itu. Harus semuanya dipastikan di tanami dan dipastikan bisa di panen hasilnya.

"Insya Allah dengan dukungan TNI Angkatan Darat (AD), itu bisa kita realisasikan bersama-sama," harap Hamim Pou.

Menurutnya, untuk Gorontalo, peternakan dan pertanian menjadi sektor yang harus dikelola denan baik. Namun kendalah yang ditemui masih ada seperti kehadiran penyuluh, benih yang bagus, pupuk yang baik serta kelengkapan infrastruktur.

"Memang jika kita tidak mengurus pertanian dengan baik, maka upaya-upaya kita untuk menurunkan kemiskinan itu berat dan tidak mudah. Karena ada 65 persen rakyat kita ada di sektor pertanian atau petani. Maka salah satu pilihan Bone Bolango adalah kita mengurus pertanian dan peternakan ini secara sungguh-sungguh," jelasnya.Budi Suyanto

 

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2018