Gorontalo, (Antara News) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gorontalo, Provinsi Gorontalo, membahas berbagai isu strategis rencana program kerja tahun 2019 melalui rapat tematik rencana pembangunan.

Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo, Kamis, mengatakan ada beberapa isu strategis dari permasalahan pembangunan daerah yang memerlukan langkah-langkah untuk mendapat perhatian dan tindak lanjut yang dimasukan pada skala prioritas tahun 2019.

Antara lain pengentasan kemiskinan dan pengangguran, peningkatan kualitas dan kualifikasi sumber daya manusia, serta pengembangan investasi yang dimana membutuhkan terobosan, inovasi, dan kolaborasi dari semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Meskipun dalam evaluasinya, tren yang diperlihatkan sudah baik dan tepat sasaran, Bupati Nelson terus menekankan agar setiap OPD perlu mengkaji lagi beberapa hal yang masih menjadi problem di daerah.

"Hal ini yang perlu menjadi perhatian kita bersama sehubungan dengan keterbatasan sumber daya maka pemanfaatan potensi-potensi strategis yang perlu didayagunakan oleh setiap OPD melalui program-program," jelasnya.

Seperti alokasi dana pembangunan yang bersumber dari APBN, agar dilakukan secara cermat untuk mampu menjawab kebutuhan prioritas daerah, alokasi dana yang diarahkan pada kegiatan-kegiatan peningkatan pelayanan dasar bidang pendidikan.

Serta kesehatan dalam rangka peningkatan SDM, dan pembangunan infrastruktur wilayah untuk pengembangan ekonomi.

"Sasarannya agar setiap OPD, masing-masing mampu melahirkan terobosan dalam memanfaatkan potensi-potensi strategis untuk mengatasi berbagai masalah di daerah, terutama dalam hal peningkatan ekonomi dan pengentasan kemiskinan," pungkasnya.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2018