Gorontalo, (Antara News) - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo, meminta pemerintah kabupaten (Pemkab) setempat, untuk mengoptimalkan publikasi titik penyelaman atau spot-spot diving yang dimiliki.

"Areal laut yang kita miliki cukup luas, ditunjang keberadaan 52 pulau yang bagus, maka dipastikan banyak spot diving yang bisa diunggulkan menjadi destinasi wisata bahari," ujar Ketua DPRD Gorontalo Utara, Nurjanah Yusuf, di Gorontalo, Sabtu.

Menurutnya, jika tidak dipublikasikan maka akan sulit meningkatkan pendapatan asli daerah di sektor pariwisata.

Maka pemkab harus memulai publikasi titik-titik penyelaman yang indah di daerah ini.

"Jika memerlukan anggaran, silahkan mengajukannya, asalkan pemanfaatannya jelas dan terfokus untuk peningkatan kemajuan sektor pariwisata daerah, maka DPRD akan memberi dukungan penuh," ujar politisi Partai Golkar itu.

Ia berharap spot-spot diving yang ada di daerah itu, mampu dikenal luas khususnya para wisatawan manca negara maupun wisatawan nusantara.

Sebab dampaknya sangat besar terhadap pertumbuhan perekonomian daerah, khususnya pendapatan asli daerah di sektor pariwisata.

Spot-spot diving yang perlu dipublikasikan kata ia, seperti di seputar Pulau Raja dan Pulau Popaya yang ada di Kecamatan Sumalata Timur, serta beberapa spot diving yang ada di wilayah pantai timur mencakup Kecamatan Tomilito dan Gentuma, juga keindahan potensi wisata bahari di Kecamatan Ponelo Kepulauan.

Ia berharap, Pemkab melalui Dinas Pariwisata, semakin gencar mempublikasikan pesona wisata bahari yang dimiliki, khususnya spot-spot diving yang potensial dikenal dunia serta menjadi salah satu unggulan destinasi wisata di Provinsi Gorontalo dan Pulau Sulawesi.

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2018