Gorontalo, (Antara News) - Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kabupaten Gorontalo, Provinsi Gorontalo, menyalurkan bantuan Usaha Ekonomi Produktif bagi 50 warga lanjut usia (Lansia) di Kecamatan Tolangohula, Boliyohuto dan Mootilango.

Ketua TP-PKK Kabupaten Gorontalo, Fory Naway, Minggu, mengatakan bantuan itu diberikan kepada warga kurang mampu agar dapat memiliki usaha dan produktif.

"Bantuan usaha ini diberikan Rp1 juta untuk setiap orang yang tersebar di sejumlah kecamatan," ujar Fory.

Selain itu, pihaknya yang bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gorontalo juga menyerahkan bantuan Asistensi Sosial lanjut Usia Terlantar (Aslut) kepada 100 warga kurang mampu dan bantuan jaminan hidup bagi 18 orang penyandang disabilitas.

"Untuk bantuan Aslut diberikan kepada 100 warga miskin dan masing-masing mendapat bantuan Rp500 ribu per orang. Selanjutnya bantuan untuk jaminan hidup kepada penyandang disabilitas masing-masing diberikan bantuan senilai Rp1,5 juta," ungkapnya.

"Semua bantuan ini diberikan dalam bentuk barang dalam rangka mengembangkan usaha mereka dan untuk menciptakan lansia yang produktif," kata dia, lagi.

Sedangkan program Aslut menurut Fory bertujuan untuk memberikan jaminan sosial guna membantu warga lanjut usia miskin.

"Bantuan tersebut dalam bentuk pemberian barang atau uang tunai melalui pendampingan sosial, guna memenuhi sebagian kebutuhan dasar hidup mereka," ucap Fory.

Ia menjelaskan, pelayanan sosial diarahkan untuk meningkatkan fungsi sosial bagi para lanjut usia yang mengalami hambatan medis, ekonomi, sosial.

"Dengan kondisi tersebut maka pelayanan sosial harus terus diperluas jangkauannya dan ditingkatkan cara pemberian pelayanannya," jelas Fory.

Menurut Fory, Aslut merupakan salah satu upaya pemerintah untuk memperluas jangkauan pelayanan dan peningkatan mutu pelayanan.

"Ini merupakan salah satu upaya dalam menanggulangi masalah kesejahteraan sosial. Para lansia ini kita penuhi kebutuhan dasar mereka, sehingga mereka dapat termotivasi dan juga tetap hidup sehat serta lebih bahagia," ungkapnya.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2018