Gorontalo,  (Antaranews Gorontalo) - Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Gorontalo, Ricky Gozali mengatakan iven "Gorontalo Karnaval Karawo 2018", akan diikuti 30 kontingen dari berbagai kalangan dan instansi.

"Berbagai instansi dan pemerintah daerah se-Provinsi Gorontalo akan meramaikan iven pariwisata ini, selain itu BUMN, perbankan, swasta, dan pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM)," ujarnya di Gorontalo, Kamis.

Ricky mengaku jika berdasarkan data yang telah dihimpun, kegiatan karnaval tersebut memberikan dampak berantai terhadap perekonomian Gorontalo, khususnya kepada sektor riil.

"Besarnya dampak ekonomi yang ditimbulkan tentunya membuat kami, Bank Indonesia akan terus berkomitmen untuk terus mendukung dan mendorong terselenggaranya acara ini dengan baik," ucapnya.

Ia mengungkapkan, sejak tahun 2011, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Gorontalo menetapkan Sulaman Karawo sebagai klaster UMKM binaan dan tahun 2016 diangkat kembali sebagai UMKM Unggulan Daerah hingga saat ini.

"Langkah tersebut merupakan transformasi awal Karawo sebagai kerajinan khas Gorontalo yang tidak hanya memiliki nilai seni dan budaya melainkan nilai ekonomi yang sangat bermanfaat bagi masyarakat Gorontalo," jelasnya.

Hasil pembinaan yang dilakukan Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Gorontalo bersama Dinas Pariwisata Provinsi Gorontalo kata Ricky memberikan dampak yang sangat signifikan. Selain meningkatnya pendapatan para pengrajin, setiap tahunnya sulaman karawo selalu mendapatkan prestasi dan berbagai penghargaa.

"Tentunya sejarah Gorontalo Karnaval Karawo tidak akan bisa dilepaskan dengan kolaborasi Bank Indonesia bersama Pemerintah Provinsi Gorontalo," kata dia, lagi.

Hingga saat ini, Gorontalo Karnaval Karawo sudah diadakan selama delapan kali dan pada tahun ini adalah Gorontalo Karnaval Karawo telah diseleksi oleh tim kurator dari Kementerian Pariwisata sekaligus dinyatakan layak untuk masuk ke dalam 100 Calendar of Event Wonderful Indonesia sebagai iven pariwisata pilihan tahun 2018.

"Terpilihnya acara Gorontalo Karnaval Karawo 2018 dalam daftar iven tersebut diharapkan dapat menjadikan Provinsi Gorontalo sebagai rujukan pariwisata nasional hingga internasional," pungkasnya.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2018