Gorontalo,  (Antaranews Gorontalo ) - Ketua Kwarda Provinsi Gorontalo, Idah Syahidah di Gorontalo, Kamis, mengatakan kader pramuka di daerah tersebut dipersiapkan untuk menjadi kader penanggulangan bencana.

"Pramuka Gorontalo selama ini sudah membentuk gerakan pramuka peduli dan artinya banyak hal kepedulian yang telah kita lakukan, Jadi sekarang tidak ada salahnya jika kepedulian ini akan kita arahkan terhadap bagaimana cara menanggulangi bencana," jelasnya.

Ia melanjutkan bukan tanpa alasan bila kader pramuka harus dipersiapkan untuk terlibat dalam penanggulangan bencana.

Jika melihat tolak ukurnya, tambahnya pada kejadian bencana dan tsunami di Kota Palu maupun Lombok beberapa waktug lalu, sebagian kader pramuka Gorontalo turun langsung menjadi relawan membantu evakuasi korban dalam bencana tersebut.

"Jadi nanti akan kami terapkan pramuka peduli bencana ini. Banyak kader-kader pramuka walaupun belum terlatih tapi mereka sudah berani turun langsung ke lapangan jadi relawan. Kami akan meminta bantuan juga dari Basarnas untuk membantu mereka berlatih," ungkapnya.

Ia juga meminta anggota pramuka yang mengikuti Kemah Karakter nanti di Jakarta, untuk bisa jadi duta wisata dalam hal mempromosikan wisata Gorontalo.

Menurutnya ini juga bagian dari tugas sebagai anak pramuka, khususnya Pramuka Saka Pariwisata

"Dalam pramuka kan ada Saka pariwisata yang bekerjasama dengan kementerian pariwisata dan kementerian kebudayaan. Jadi saya berharap ini bisa dimanfaatkan untuk memajukan Gorontalo," tambahnya. 

Pewarta: Debby H. Mano

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2018