Gorontalo, (Antaranews Gorontalo) - Sekretaris Utama (Sestama) BKKBN RI, Nofrijal memaparkan peran aktif perkumpulan juang kencana (PJK) di Kota Gorontalo, Provinsi Gorontalo.

"PJK merupakan penggerak kegiatan lansia, analisis data dan informasi, sebagai narasumber, mitra seminar, penulis buku, majalah atau artikel, komunikasi, informasi dan edukasi (KIE) pengalaman sukses serta kepanitiaan bersama dan penggerak kampung KB," jelasnya di Gorontalo, Jumat.

Nofrijal mengungkapkan, jika PJK berperan aktif dalam era baru program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK).

"PJK juga berperan dalam menggerakkan kampung KB, dimana hal itu adalah gerakan bersama membangun kesadaran kolektif pemerintah, swasta dan masyarakat dalam mewujudkan keluarga sejahtera secara merata melalui program keluarga berencana," ucapnya.

Menurutnya, dibawah arahan Presiden Joko Widodo, kampung KB dijadikan model strategis dan episentrum untuk memastikan program KB di Indonesia yang menjangkau seluruh keluarga.

Jangkauan tersebut memberi prioritas kepada desa atau daerah tertinggal, perbatasan dan kepulauan serta daerah kumuh dan padat perkotaan.

"Kampung KB sendiri merupakan satuan wilayah setingkat desa dengan kriteria tertentu," ujar Nofrijal.

"Dimana dalam kriteria tersebut terdapat keterpaduan program KKBPK dan pembangunan sektor terkait dalam upaya meningkatkan kualitas hidup keluarga dan masyarakat," ujar dia.

Ia menjelaskan, indikator keberhasilan kampung KB sendiri dapat dilihat dari kependudukan, KB dan pembangunan keluarga serta pembangunan sektor lainnya.

Baca juga: BKKBN Gorontalo Luncurkan Pelayanan Keluarga Di Universitas

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2018