Gorontalo, (Antara News) - Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo meminta masyarakat lebih banyak lagi memanfaatkan potensi sumber daya alam (SDA) lokal, yang ada di Kabupaten Gorontalo, Provinsi Gorontalo.

"Hal ini merupakan upaya membangun desa sebagai pusat pertumbuhan ekonomi untuk kesejahteraan masyarakat," ujar Nelson di Gorontalo, Senin.

Ia mengajak masyarakat untuk terus membangun kawasan buah-buahan sebagai salah satu bentuk kepedulian mengatasi masalah stok buah yang lebih banyak didatangkan dari luar Gorontalo.

Sebelumnya, Nelson telah mengembangkan kawasan komoditas unggulan buah-buahan lokal di Desa Bongongoayu, Kecamatan Boliyohuto.

"Masyarakat dalam pemanfaatan sumber daya alam lokal, secara tidak langsung juga memfungsikan kawasan sebagai pelestarian lingkungan," ucapnya.

Oleh karena itu, dirinya berharap masyarakat terus memanfaatkan lahan perkebunan dengan berbagai tanaman, agar pekarangan atau perkebunan tidak ada yang lahan kosong.

Sementara itu, Camat Boliyohuto Adriyanto Pilomonu menambahkan pada 2018 pengadaan tanaman buah yang dikelola Badan Usaha Desa Mandiri Desa Bongongoayu berjumlah 1.600 pohon.

Dengan rincian 1.000 pohon jambu kristal dan sisanya tanaman buah salak pondoh, srikaya, kelengkeng, dan kurma.

"Hamparan kawasan ditanami kurang lebih tiga hektare dan lainnya ditanam di pekarangan penduduk untuk dijual hasilnya sebagai peningkatan ekonomi masyarakat," pungkasnya. 

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2018