Gorontalo,  (Antaranews Gorontalo) - Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo menjadi daerah percontohan kerja sama Pusat Investasi Pemerintah (PIP) untuk pembiayaan ultra mikro.

Bupati Bone Bolango Hamim Pou di Gorontalo, Kamis, mengatakan daerah itu merupakan salah satu daerah pertama di seluruh Indonesia yang menjadi percontohan.

"Kita patut bersyukur bahwa daerah kita merupakan daerah proyek percontohan kerja sama PIP dengan pemerintah daerah untuk pembiayaan ultra mikro," ujarnya.

Hamim mengaku, jangan sampai mengalami kegagalan dalam pelaksanaannya. Setelah dapat pembiayaan ultra mikro, ia berharap pendapatan para pengusaha kecil akan berlipatganda keuntungan, omsetnya, termasuk para pekerjanya.

Mengenai pembiayaan ultra mikro ini, lanjut Hamim, berapa pun jumlah yang bermohon pinjaman, PIP siap untuk itu dan akan diberikan. Karena ini pembiayaan ultra mikro, maka maksimal pinjaman sebesar Rp10 juta.

Bupati pun mengingatkan, bahwa pembiayaan ultra mikro itu, bertujuan untuk menggerakan dan membesarkan usaha, menciptakan lapangan kerja dan harus untung.

Menurutnya, Pemerintah daerah berusaha dan berjuang keras untuk mendapatkan program tersebut dalam rangka untuk menciptakan wirausaha-wirausaha baru.

"Pembiayaan ini untuk mendukung pengembangan usaha bapak dan ibu semua, supaya terus berkembang, bisa untung, bisa menciptakan lapangan kerja, dan bisa mandiri. Mudah-mudahan lewat pembiayaan ultra mikro ini akan melahirkan dan meciptakan wirausaha-wirausaha baru, termasuk mengembangkannya," ungkap Hamim.

Sebelumnya, Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UMKM (Perindagkum) Basir Noho menjelaskan, kegiatan peluncuran dan sosialisasi pembiayaan ultra mikro sebagai tindaklanjut dari usaha dan upaya pemerintah daerah untuk memberikan, mengembangkan, dan melakukan pemberdayaan terhadap usaha mikro kecil di daerah itu.

Seiring dengan dilakukannya nota kesepahaman antara PIP dengan Pemkab Bone Bolango tentang kerjasama dalam rangka pengembangan usaha mikro melalui pembiayaan ultra mikro, yang ditandatangani Plt. Direktur Utama Badan Pelayanan Umum Pusat Investasi Pemerintah Djoko Hendratto dengan Bupati Hamim Pou pada tanggal 5 November 2018 yang lalu di Jakarta.

"Untuk saat ini dalam rangka percepatan pembiayaan ultra mikro di Kabupaten Bone Bolango kami sedang melakukan kerja sama penyalurannya dengan PT. Pengadaian Gorontalo. Karena hingga bulan September 2018 pelayanan untuk ultra mikro kita masih rendah," ujarnya.

Olehnya itu menurut Basir perlu dilakukan percepatan dan didorong untuk pembiayaan bagi pengusaha ultra mikro.

Ia menambahkan, kegiatan peluncuran dan sosialisasi pembiayaan ultra mikro diikuti sebanyak 200 peserta, terdiri dari 160 orang pelaku usaha ultra mikro, 20 orang pengurus koperasi simpan pinjam (KSP), dan 20 orang pengurus BUMDes.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2018