Gorontalo, (ANTARA News) - Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo mengatakan Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) merupakan ujung tombak keamanan bagi masyarakat di Desa.

Menurutnya, Satlinmas adalah mitra pemerintah, baik pemerintah desa, kecamatan dalam mengendalikan keamanan, ketertiban dan kenyamanan masyarakat serta bermitra dengan TNI dan Polri.

"Linmas adalah pahlwan keamanan andalan di tingkat desa," ucap Bupati Nelson saat menghadiri pembinaan dan penguatan kapasitas peran dan fungsi Satlinmas dalam rangka mewujudkan kondisi yang aman dan tertib se Kecamatan Batudaa Pantai, Jumat.

Nelson menuturkan, bahwa keamanan dan ketertiban adalah kebutuhan. Masyarakat tidak hanya butuh makan, butuh sehat, gedung dan jalan akan tetapi butuh kenyamanan. Oleh karena itu dengan kehadiran Satlinmas menjadi mitra pemerintah.

"Kita masih kekurangan 3.000 satuan linmas, sejak tahun 2017 lalu baru 1.415 orang yang dibentuk. Oleh karena itu pada akhir tahun ini akan dibentuk 1.500 orang lagi," ungkapnya.

Ia berkeyakinan besar, kalau desa aman, kecamatan aman maka tingkat Kabupaten juga akan aman. Nelson menjelaskan dasar pembentukan dan penguatan linmas itu karena tahun depan momentumnya bertepatan dengan pelaksanaan pemilihan Presiden dan legislatif.

Nelson menjelaskan jika dasar pembentukan linmas pada akhir tahun ini, karena tahun 2019 nanti merupakan ada momen Pemilihan Presiden (Pilpres) dan Pemilihan Legislatif (Pileg).

"Saya pun berharap agar linmas melaksanakan kegiatan penanganan dan mengurangi memperkecil tingkat gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas), serta kegiatan sosial kemasyarakatan lainnya," pungkasnya.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2018