Gorontalo,  (Antaranews Gorontalo) - PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) memberikan bantuan hibah mobil operasional jenis Hiace kepada Burung Indonesia dan 1.000 bibit pohon bagi Universitas Negeri Gorontalo (UNG) sebagai lanjutan program pendidikan konservasi di Gorontalo.

General Manager (GM) TMMIN Teguh Prihono di Gorontalo, Jumat, mengatakan bantuan mobil operasional diberikan kepada Burung Indonesia untuk mendukung survei keanekaragaman hayati dan kegiatan pendidikan konservasi.

"Kendaraan ini akan digunakan oleh Burung Indonesia untuk mendukung tim dalam survei, mempromosikan pendidikan lingkungan untuk masyarakat pedesaan dan perkotaan," ujarnya.

Selain itu bantuan tersebut dapat digunakan untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya pelestarian lingkungan di kalangan generasi muda.

"Upaya ini bagian dari kerjasama antara Toyota Motor Corporation (TMC) dan BirdLife International serta Burung Indonesia. Dimana visi Toyota menargetkan pembangunan masyarakat masa depan yang selaras dengan alam," ucap Teguh.

Ia mengaku jika TMC telah menyumbangkan empat mobil per tahun kepada Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) terpilih yang bergerak dalam bidang lingkungan di seluruh dunia selama lima tahun terakhir.

Sementara Wakil Presiden TDEM Yoshiaki Ishimoto menyatakan jika Toyota ingin berkontribusi untuk memberikan dampak positif bagi lingkungan seperti yang dituangkan dalam Toyota Environment Challenge 2050.

"Untuk mencapai hal ini, kami berusaha untuk membangun hubungan kerjasama dengan organisasi yang berkecimpung dalam aktivitas pelestarian lingkungan," jelasnya.

Ia mengungkapkan jika mobil yang disumbangkan tersebut merupakan salah satu dari banyak langkah yang diambil. Mobil itu akan digunakan juga dalam upaya konservasi termasuk edukasi tentang spesies yang terancam punah seperti yang ada pada daftar merah Internasional Union for Conservation (IUCN).

Pada kegiatan itu juga Toyota mendonasikan alat peraga pendidikan berupa dua unit mesin utuh serta 1.000 bibit pohon multiguna endemik Gorontalo kepada UNG.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2018