Manado, (Antara News) - PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Gorontalo (Suluttenggo) menyiagakan sistem kelistrikan di wilayah tersebut menjelang Natal dan Tahun Baru.

"Sebagai bentuk upaya mensukseskan perayaan Natal dan menyongsong Tahun Baru 2019. PT PLN (persero) Unit Induk Wilayah Suluttenggo melakukan sejumlah persiapan untuk meminimalisir adanya gangguan," kata Direktur PLN Bisnis Regional Sulawesi Syamsul Huda di Manado, Selasa.

Huda mengatakan pemeliharaan jaringan distribusi meliputi pemangkasan pohon dan penggantian material yang difokuskan pada dua bulan sebelum Natal.

PLN juga, katanya, melakukan apel gelar pasukan PDKB Siaga Natal pada Kamis (6/12), di sejumlah Unit Pelayanan Pelanggan.
    
Saat ini sistem kelistrikan interkoneksi Sulawesi Utara-Gorontalo memiliki cadangan daya hingga mencapai 56 Mega Watt (MW), dimana daya mampu pembangkitan kita sebesar 441 MW dan perkiraan Beban Puncak yaitu 387 MW.

Sedangkan sistem kelistrikan Sulawesi Tengah saat ini juga memiliki cadangan daya mencapai 37 MW, dengan daya mampu sebesar 157 MW dan perkiraan beban puncak 121 MW. Secara neraca daya dan ketersediaan pembangkit PLN masih dalam kategori aman
    
PLN mengimbau kepada masyarakat agar tetap memperhatikan kemanan instalasi rumah masing-masing. Terlebih dengan adanya penambahan beban lampu-lampu dan sound sistem, hal ini untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.
    
"Semoga perayaan Natal dapat berjalan lancar dan semestinya, Selamat Natal 2018 dan Tahun Baru 2019¿, tutup Huda.
    
General Manager PLN UIW Suluttenggo mengatakan selain itu PLN membuat 53 Posko Siaga Natal yang tersebar di wilayah Sulut, Sulteng dan Gorontalo.

"Sebanyak 2.656 orang personil juga disiagakan, yang terdiri dari pimpinan, pengawas, pengatur dan pelaksana," jelasnya.

Dirjen Ketenagalistrikan Kementerian ESDM Andy Noorsaman Sommeng bersama Direktur PLN Bisnis Regional Sulawesi Syamsul Huda, dan General Manager PLN UIW Suluttenggo melakukan kunjungan kerja pada kompleks Pembangkit PLTU Amurang, Kapal Pembangkit Zeynep Sultan dan Unit Pelaksana Penyaluran dan Pengatur Beban (UP3B) Sistem Minahasa pada Selasa (18/12), untuk memastikan kesiapan PLN menjelang Natal di Sulawesi Utara dan sekitarnya.

Dirjen Ketenaga Listrikan Kementrian ESDM Dr Andy Noorsaman Sommeng mengatakan peninjauan ini merupakan kegiatan rutin dilakukan untuk memastikan kesiapan PLN menghadapi Natal.

"Sejauh ini PLN sangat siap menghadapi Natal, koordinasi harus terus dilakukan," jelasnya.

Pewarta: Jerusalem Mendalora

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2018