Gorontalo, 13/1 (ANTARA News) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gorontalo, Provinsi Gorontalo terus mendorong peningkatan pertanian yang menjadi sektor utama di daerah tersebut.

"Kita mendorong pembangunan di Kecamatan Batudaa dan Dungaliyo, salah satunya melalui pertanian dan daerah ini memiliki sumber daya yang besar, lahan, Danau Limboto dan juga laut dengan garis pantai mencapai 70 kilometer," ujarnya pada peluncuran asuransi jiwa yang digelar oleh Gerakan Pemuda Tani (Gempita), belum lama ini.

Ia menjelaskan jika Gempita adalah Gerakan Pemuda Tani untuk tingkap nasional dan sekarang telah ada di Dungaliyo. Pertanian adalah kehidupan dasar di daerah itu, karena merupakan potensi daerah.

"Alhamdulillah Gempita mendorong produksi pertanian serta kesejahteraan petani. Jagung terus kita dorong dan semakin berkembang selain padi sawah dan ladang," kata dia.

Pemkab juga memberikan bantuan peralatan, pupuk dan bibit untuk meningkatkan produksi pertanian juga terus meningkatkan produksi kelapa.

"Saat ini banyak pemuda daerah yang tidak mau menjadi petani, seakan-akan itu adalah profesi yang tradisional dan ketinggalan," ujarnya.

Memalui Gempita kita dapat meningkatkan pertanian dan petani agar semakin berkembang di Kabupaten Gorontalo.

"Saya berharap Gempita dapat menggerakkan para petani dan pemuda. Karena saat ini jagung kita sudah diekpsor hingga keluar negeri, padi juga sudah dikirim hingga ke daerah lain," kata dia, lagi.

Nelson menegaskan jika ia telah meminta kepada Camat, Lurah dan Kepala Desa untuk memanfaatkan lahan kosong agar dapat ditanami dan dapat meningkatkan perekonomian.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2019