Manado, (Antara News) - Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey mengatakan, potensi geotermal yang ada di daerah itu bisa dimaksimalkan hingga 2.000 megawatt (MW).

"Yang bisa kita manfaatkan sekarang ini baru sekitar 120 megawaat ditambah 500 kilowatt dari Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) Binary Cycle," kata Gubernur.

Potensi panas bumi yang dimiliki daerah ini, lanjut Gubernur terbentang dari Bolaang Mongondow, Kota Kotamobagu, Kabupaten Minahasa Selatan, Kabupaten Minahasa, hingga Kota Tomohon.

"Kita terus berinovasi mengembangkan potensi panas bumi yang kita miliki ini, masih cukup besar potensi yang bisa kita kembangkan," ujarnya.

Inovasi yang dimaksud Gubernur adalah kerja sama Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) dengan perguruan tinggi di Sulut seperti Universita Sam Ratulangi dan Politeknik Negeri Manado.

Kerja sama ini, harap Gubernur Olly mampu mencetak sumber daya manusia yang bisa mengelola potensi panas bumi menjadi energi yang bisa dimanfaatkan untuk manusia dan pembangunan.

Pemanfaatan energi baru dan terbarukan, lanjut Gubernur, akan terus dioptimalkan karena selain murah juga ramah lingkungan.

Karena itu, dia berharap pemanfaatan energi baru terbarukan itu tidak merusak lingkungan dan menghasilkan polusi yang dapat merugikan manusia serta sektor pariwisata.

Pewarta: Karel Alexander Polakitan

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2019