Manado, (Antara News) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Utara merintis penerbangan sewa langsung dari Manado-Xian (China) untuk meningkatkan arus kunjungan wisatawan ke daerah berpenduduk lebih dari 2,5 juta jiwa itu.

"Terobosan ini juga sebagai bagian dari upaya kami untuk mencapai target 150.000 wisatawan mancanagera pada tahun ini," kata Gubernur Sulut Olly Dondokambey di Manado, Jumat.
    
Gubernur menjelaskan, pada 22 Februari jumlah penerbangan dari Manado ke China menjadi 13 kali setiap minggu.
    
Manado ke Guangzhou, Shanghai, Changsha dan Tianjin masing-masing tiga penerbangan setiap minggu.
    
"Rute terbaru dari Manado-Xian sebanyak satu penerbangan sewa per minggu," ujarnya.

Gubernur menambahkan, rute Manado ke kota-kota di China berhasil mengantarkan sebanyak 107.075 wisatawan pada tahun 2018 atau mencapai 83,78 persen dari total kunjungan seluruh wisman.
    
Pada 2018 jumlah kunjungan wisatawan mancanegara ke provinsi ujung utara Sulawesi itu sebanyak 124.830 orang, melampaui target yang ditetapkan sebanyak 115.826 orang.

"Rute penerbangan yang membawa para wisman ini menjadikan sektor pariwisata tetap menjadi andalan Pemprov Sulut karena menjadi motor penggerak ekonomi daerah," ujarnya.

Direktur MM Travel Budiharto Bong mengatakan, dibukanya rute penerbangan baru Manado-XiAn mendorong pihaknya semakin fokus menggarap turis China sekaligus mendukung program pemerintah daerah di sektor pariwisata.

"MM Travel siap melayani seluruh wisman yang berlibur ke daerah ini sekaligus mendukung upaya Gubernur Olly memajukan sektor pariwisata," katanya.

Pewarta: Karel Alexander Polakitan

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2019