Gorontalo, (Antara News) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gorontalo, Provinsi Gorontalo mengirimkan bantuan bagi korban banjir di empat kecamatan di Kabupaten Boalemo, Provinsi Gorontalo.

Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo di Gorontalo, Rabu, mengatakan bantuan logistik dan bahan kebutuhan pokok tersebut dibawa langsung oleh Badan Penaggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat.

"Kami mengirim bantuan untuk korban bencana banjir. walaupun bantuannya terbatas tapi itu bagian persaudaraan kita termasuk seperti dilakukan untuk saudara-saudara kita di Palu," ujarnya.

Selain memberikan bantuan kebutuhan pokok, Nelson juga meminta agar masyarakat di daerah itu mendoakan para warga terdampak banjir agar selalu diberikan ketabahan dan keselamatan.

"Kita berharap masyarakat Boalemo tetap diberikan ketabahan dan semoga mereka bisa mengatasinya dengan baik," ucapnya.

Nelson meminta masyarakat waspada karena akhir-akhir ini cuaca sangat ekstrem dan membutuhkan penanganan dan upaya pencegahan bencana.

"Saya menghimbau kepada pemerintah kecamatan dan desa agar bekerja sama dengan masyarakat. Sepeti untuk memperbaiki saluran-saluran air dan kepada seluruh masyarakat diimbau untuk selalu sigap dan tanggap pada saat datangnya hujan deras, bencana banjir termasuk longsor," imbaunya.

Nelson berharap kepada seluruh masyarakat untuk terus melakukan penanaman pohon di lahan-lahan kritis untuk mencegah erosi dan longsor.

"Jika kita terus melakukan penanaman pohon serta menjaga serta melestarikan lingkungan, maka ini akan memperkecil bencana banjir maupun longsor," pungkasnya.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2019