Gorontalo, (Antara News) - Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Gorontalo melakukan pelayanan kas keliling penukaran uang pecahan kecil, untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di Kota Gorontalo, Provinsi Gorontalo, Kamis.

Kepala Kantor perwakilan BI Provinsi Gorontalo, Ricky Gozali mengatakan pelayanan kas keliling adalah salah satu pelaksanaan tugas pokok BI dalam sistem pembayaran.

"BI Gorontalo melakukan layanan kas keliling di pusat-puast keramaian masyarakat seperti pasar, pusat pertokoan, pusat perkantoran," ujarnya.

Layanan penukaran uang pecahan kecil itu, kata Ricky, dilakukan secara gratis atau tidak dipungut biaya sama sekali.

Kasir Pengelolaan Uang Rupiah BI Provinsi Gorontalo Irvan Efendi menjelaskan BI hadir ke tengah masyarakat agar dapat menukarkan uang layak edar.

"Intinya uang yang lusuh kita tarik ke BI dan ditukarkan dengan yang layak edar. Hari ini kita siapkan uang sebanyak Rp180 juta dengan berbagai pecahan," ucapnya.

Ia mengaku jika atensi dari masyarakat sangat tinggi, antusias dan merespon dengan baik terhadap pelayanan penukaran uang tersebut.

Sementara itu, Kasman Gani salah seorang warga yang menukarkan uangnya di layanan kas keliling mengaku sangat terbantu dengan adanya mobil khusus penukaran uang pecahan kecil.

"Tentunya saya merasa terbantu, jika dulu harus menukarkan ke toko-toko untuk mendapatkan uang pecahan kecil, sekarang BI sudah menyiapkan mobil layanan keliling," ujarnya.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2019