Sejumlah pemuda yang tergabung pada Ikatan Duta Wisata Kabupaten Gorontalo dan 'Hilo Green Community Gorontalo' (HGCG) mengajak masyarakat yang berkunjung ke Menara Pakaya di Kabupaten Gorontalo, untuk peduli sampah melalui kampanye serta aksi buang sampah pada tempatnya.

"Kegiatan kampanye serta aksi buang sampah pada tempatnya itu merupakan bentuk nyata dari para pemuda Gorontalo dalam memperingati Hari Peduli Sampah Nasional 2019," jelas Bertnareza Bokings, Anggota Komunitas HGCG.

Ia mengatakan kegiatan tersebut dilaksanakan sebagai upaya untuk menyadarkan masyarakat, terutama pengunjung kawasan Menara Pakaya untuk tidak membuang sampah sembarangan di sekitar obyek wisata tersebut.

"Kami melaksanakan aksi tersebut karena kebersihan di kawasan obyek wisata itu sempat disoroti, karena belum pekanya pengunjung terhadap kesadaran membuang sampah pada tempatnya yang membuat masih banyaknya sampah berserakan di sekitar kawasan itu," ungkapnya.

Anggota Ikatan Duta Wisata Kabupaten Gorontalo, Vick Dangkua, berharp agar kegiatan tersebut dapat menjadi salah satu pemicu untuk menuju Indonesia Bebas Sampah 2020.

"Oleh sebab itu, untuk meningkatkan animo atas aksi yang dilakukan kamipun mengajak para pengunjung untuk terlibat langsung dalam aksi bersih-bersih ini, dan kami menyediakan hadiah sebagai bentuk apresiasi yaitu berupa botol air minum isi ulang dan tas cantik.

Selain kampanye dan aksi membersihkan sampah, mereka juga memberikan sosialisasi kepada pengunjung untuk membawa botol air minum isi ulang dari rumah saat berkunjung ke kawasan Menara Pakaya sebagai bentuk upaya dalam mengurangi produksi sampah botol minuman kemasan.

Pewarta: Hence Paat

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2019