Tiga unit mobil pemadam kebakaran (Damkar) memadamkan kebakaran rumah yang terjadi di Jl Aotoluwa, Kelurahan Hunggaluwa, Kabupaten Gorontalo, Provinsi Gorontalo, Minggu.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat, Sumanti Maku mengatakan pihaknya menerima laporan kebakaran rumah milik Yosis Ruung.

"Setelah menerima informasi, anggota Damkar langsung menuju lokasi dengan waktu respon dua menit. Setelah tiba kami langsung melakukan proses pemadaman sampai dengan proses pendinginan dan memastikan kembali bahwa sudah tidak ada sumber titik api lainnya," ujarnya.

Ia menjelaskan, penyebab kebakaran diduga berasal dari pendingin ruangan yang berada di salah satu kamar.

"Awalnya ada seorang tetangga bernama Zulkifli Tangkodu yang melihat asap yang mengepul keluar dari salah satu kamar, dan langsung langsung berteriak meminta pertolongan serta melakukan pemadaman dengan alat dan bahan seadanya," ucapnya.

Berkat kesigapan petugas yg melakukan pemadaman, maka rumah tersebut dapat terselamatkan dan tidak sampai merembet ke rumah warga lainnya.

Sementara itu, Kepala UPTB Damkar Kabupaten Gorontalo, Farid Taha menambahkan jika pihaknya bersama masyarakat setempat melakukan pemeriksaan area terbakar serta mensosialisasikan tentang pencegahan dini kebakaran dan menginformasikan nomor piket pemadam kepada masyarakat.***3***




 

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2019