Puluhan Pemuda yang tergabung dalam Program Siaga Nusantara Gorontalo, belum lama ini memberikan edukasi kepada masyarakat Kelurahan Tanjung Keramat, Kota Gorontalo, tentang pemanfaatan air bersih pada peringatan Hari Air Sedunia.

Koordinator Daerah Siaga Nusantara Gorontalo, Gladys Monika Hanafi, mengatakan bahwa kegiatan yang dilaksanakan bertujuan agar masyarakat setempat dapat memanfaatkan air yang ditampung dengan sebaik mungkin.

"Edukasi yang kami berikan salah satunya yaitu menutup kembali keran setelah digunakan, karena jika dibiarkan maka stok air bersih yang tersedia akan berkurang," jelasnya.

Selain itu, mereka juga melaksanakan aksi kumpul sampah di pesisir pantai daerah tersebut, mengingat bahaya sampah terlebih plastik yang sulit terurai dengan lapisan tanah juga dapat mempengaruhi kadar air dalam tanah.

"Kami melaksanakan pengumpulan sampah di sepanjang pesisir pantai yang kemudian setelah seluruh sampah terkumpul, sampah tersebut kami bawa ke kota menggunakan mobil pribadi untuk dibuang ke TPA," katanya.

Pada kegiatan tersebut mereka juga melibatkan anak-anak setempat untuk mengikuti kegiatan terkait Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

"Kami juga melibatkan anak-anak setempat untuk mengikuti kegiatan PHBS melalui cara mencuci tangan dengan baik dan benar tanpa melakukan pemborosan air," ujarnya.

Pewarta: Dian Bawenti

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2019