Gorontalo, (ANTARA GORONTALO) - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten/Kota Se-Provinsi Gorontalo menyayangkan sikap Panitia Pengawas Pemilu Kota Gorontalo yang dinilai telah sewenang-sewenang dalam melakukan pemeriksaan pada seluruh anggota KPU Provinsi tersebut.

Ketua KPU Bone Bolango Femmy Udoki mengatakan di Gorontalo, Kamis, pihaknya turut prihatin atas sikap Panwaslu Kota Gorontalo dalam melakukan pemeriksaan terhadap salah seorang anggota KPU Provinsi Gorontalo yang sedang dalam keadaan sakit.

Padahal, kata Femmy, pemeriksaan Panwaslu Kota Gorontalo atas dugaan pelanggaran kode etik terhadap sejumlah Anggota KPU Provinsi Gorontalo bukanlah kewenangan dari para pemeriksa.

"Ini harus disikapi agar tidak melebar, jangan nanti Panitia Pengawas Kecamatan sudah mau memeriksa KPU Kabupaten/Kota," Kata Femmy.

Hal serupa pun dikatakan oleh Ketua KPU Kabupaten Gorontalo, Selvi Katili bahwa kejanggalan pemeriksaan Panwaslu Kota Gorontalo terhadap KPU Provinsi Gorontalo harus bisa menjadi pelajaran bagi daerah lainnya.

Sementara Ketua KPU Kabupaten Boalemo, Erna Manto mengatakan bahwa selain prihatin pihaknya juga menilai panwaslu Kota Gorontalo tidak akan semena-mena jika bekerja sesuai dengan ketentuan serta aturan hukum yang berlaku.

" Kami jelas menentang tindakan Panwaslu Kota Gorontalo yang sewenang-wenang itu," Kata Erna.

Pewarta: Oleh Wahiyudin Mamonto

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2013