Bone Bolango, Gorontalo,  (ANTARA GORONTALO) - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Bone Bolango memiliki program-program strategis dan menjadi prioritas dilaksanakan tahun 2013.

"Tiga program prioritas yang dimaksud, adalah bidang Kependudukan, Sistem Administrasi Kependudukan (SIAK) dan terakhir pada bidang Catatan Sipil (Capil)," kata Sofyan Mohi, Jumat.

Untuk bidang kependudukan, pihaknya telah melakukan sinkronisasi data base kependudukan di seluruh desa di Bone Bolango, dengan data base yang ada di dinas tersebut.

"Untuk melaksanakan program ini, kami akan berkoordinasi dengan pihak kecamatan," kata Sofyan.

Sedangkan di bidang SIAK, pihaknya akan melakukan perekaman e-KTP (Kartu Tanda Penduduk Elektronik) terhadap warga pendatang wajib KTP, serta pada tahun sebelumnya belum bisa mengantongi e-KTP yang di karenakan usia belum memenuhi syarat.

Sementara di bidang Capil, pihaknya pada tahun ini juga akan melakukan pendataan sekaligus sosialisasi tentang pengurusan akta kelahiran di 18 kecamatan.

"Akta kelahiran dari usia 0-1 tahun, pengurusannya masih ditangani oleh dinas catatan sipil, dan yang diatas usia satu tahun harus melalui proses penetapan pengadilan negeri," ujar Sofyan. (Wahiyudin Mamonto)

Pewarta:

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2013