Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo, mulai mendistribusikan surat suara di 11 kecamatan di daerah itu.

Ketua KPU Kabupaten Gorontalo Utara Sofyan Jakfar di Gorontalo, Kamis, mengatakan bahwa distribusi menjangkau wilayah Ponelo Kepulauan, serta bagian barat mulai Kecamatan Anggrek, Monano, Sumalata Timur, Sumalata, Biau,hingga Tolinggula.

Kecamatan Ponelo Kepulauan, misalnya, pihaknya mendapat dukungan dari pemerintah kecamatan setempat ketika mendistribusikan surat suara menggunakan perahu.

Surat suara dikemas dengan kardus khusus yang dibungkus kertas tebal serta dilapisi plastik pengaman.

Menurut dia, kondisi itu diperlukan mengingat surat suara harus disebrangkan melalui jalur laut dari Kecamatan Kwandang ke Ponelo Kepulauan.

"Beruntung seluruh surat suara telah terdistribusi dengan baik, didukung pengawalan pihak Brimob bersenjata lengkap serta diawasi panwaslu kecamatan," katanya.

Sementara itu, Ketua Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Ponelo Kepulauan Gusten Olii mengatakan bahwa pihaknya telah memastikan jumlah surat suara yang diterima.

Penyerahan dilakukan di dermaga pelabuhan Kwandang, selanjutnya diangkut menggunakan perahu.

Setibanya di Pulau Ponelo, seluruh surat suara diangkut kembali menggunakan ojek menuju kantor camat, tempat penyimpanan sebelum didistribusi ke 14 tempat pemungutan suara (TPS) tersebar di empat desa.

"Kami menghitung kembali jumlah surat suara untuk memastikannya sesuai dengan jumlah di tiap TPS berdasarkan daftar pemilih tetap (DPT)," ujarnya.

Ia menyebutkan total surat suara untuk Ponelo Kepulauan mencapai 2.824 lembar untuk masing-masing jenis, sudah termasuk cadangan.

Pada Pemilu 2019, jumlah pemilih di Kecamatan Ponelo Kepulauan sebanyak 2.775 pemilih, termasuk enam pemilih dalam daftar pemilih khusus (DPK). ***2***
Distribusi surat suara untuk Pemilu 2019 di Kecamatan Ponelo Kepulauan Kabupaten Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo. (Foto Susanti Sako)

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2019