Sebanyak 51 pemuda Gorontalo dinyatakan lulus pendidikan penerimaan calon Tamtama (Catam) dan akan menjalani pendidikan di Rindam XIII/Merdeka.

Kapenrem 133/Nani Wartabone Mayor Fathan Ali di Gorontalo, Senin, mengatakan sebelumnya para calon Tamtama tersebut menjalani seleksi daerah yang dilaksanakan di Gorontalo.

"Awalnya para peserta berjumlah 178 orang dan untuk pertama kalinya seleksi calon Tamtama dilaksanakan di Gorontalo sejak berdirinya Korem 133/Nani Wartabone," ujarnya.

Ia menjelaskan jika dalam pelaksanaan seleksi tersebut Korem Gorontalo mengirimkan peserta calon tamtama sebanyak 101 orang untuk mengikuti seleksi tingkat pusat yang dilaksanakan di Kodam XIII/Merdeka.

"Dalam pelaksanaan kegiatan seleksi Catam tingkat pusat juga terjadi hal yang signifikan, dimana baru pertama kali pemuda Gorontalo dalam mengikuti seleksi Catam," ucapnya.

Dari 101 orang yang dikirim ke Kodam 51 orang dari peserta seleksi Catam asal Gorontalo dinyatakan lulus dan mengikuti pendidikan di Rindam XIII/Merdeka yang dibuka oleh Pangdam XIII/Merdeka Mayjen TNI Tiopan Aritonang

"Sesuai perkembangan yang ada selama ini Provinsi Gorontalo, hanya bisa meloloskan 3-4 orang dalam mengikuti pendidikan Catam dengan demikian hal seperti ini baru pertama kali Provinsi Gorontalo bisa meloloskan 51 orang masuk pendidikan sejak keberadaan Korem 133/Nani Wartabone," kata dia.

Ia beharap kepada para pemuda dan pemudi Gorontalo untuk bergabung bersama TNI AD dalam mengabdi kepada negara.

"Korem 133/Nani Wartabone membuka diri untuk para pemuda dan pemudi Gorontalo dalam belajar dan berlatih guna menjadi prajurit TNI AD dengan tidak dipungut biaya alias gratis," tegasnya.

Ia menambahkan jika para pemuda yang ingin mengabdikan dirinya menjadi prajurit jangan ragu dan takut untuk meningkatkan kemampuan fisik dan mental di Korem 133/Nani Wartabone maupun Kodim untuk belajar dan mencapai cita-cita dalam menjadi seorang prajurit.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2019